Wednesday, 27 June 2012

obat pencuci mata

Orang yang bertempat tinggal di kota, bisa mencuci matanya dengan boorwater. Tetapi bila anda tinggal di suatu tempat yang jauh dari rumah obat, pakai saja bahan yang akan diterangkan di dalam resep ini. Bila mata anda terasa gatal atau berdebu (ngeres-jawa), ambil saja beberapa lembar daun sirih yang masih muda. Sesudah dicuci bersih, remas-remaslah daun sirih itu sampai lemas. Kemudian masukanlah kedalam air masak dan biarkanlah sampai air itu menjadi hangat-hangat kuku, selanjutnya saringlah air itu dengan kain yang bersih (suci hama). Rendamlah mata anda kanan dan kiri di dalam air itu serta kedip-kedipkanlah agar kotoran yang berada di dalam mata hanyut beserta air sirih tersebut. Lakukanlah secara rutin selang beberapa lama, untuk menjaga agar alat penglihatan anda yang sangat berharga itu senantiasa sehat.
Read More

menerima ketentuan Allah dengan ikhlas

"Tidaklah meninggalkan kedunguan sedikitpun (sangat bodoh) orang yang menghendaki perubahan di dalam waktu (yang telah ditentukan) menuju kelain waktu yang Allah telah menampakannya di dalam waktu itu". 
 Adalah sudah menjadi keyakinan orang-orang mukmin, bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Menentukan segala-galanya di dunia ini. Kehendak dan irodat-Nya sedikit pun tidak ada dapat menghalangi atau mengubahnya. 

Karena itu kita sebagai hamba-Nya yang tidak mampu sedikitpun menentukan kehidupan kita sendiri. Hendaknya berusaha/berikhtiar dengan sekuat tenaga dan kemudian dengan rela dan lapang dada menerima hasilnya yang memang sudah merupakan ketentuan Allah. Dan sesungguhnya ketentuan Allah tersebut adalah juga merupakan nikmat yang harus kita syukuri, sebagaimana Rosulullah juga menysukuri nikmat yang telah diterimanya : 
"Ya Allah Tuhan kami, jagalah kami agar supaya selalu ingat kepada-Mu, dan tetap bersyukur kepada-Mu, serta jadikanlah kami termasuk orang yang bagus di dalam mengabdi kepada-Mu".

Demikianlah itulah do'a  yang sering diucapkan oleh Rosulullah pada tiap-tiap selesai melaksanakan sholat fardhu untuk menysukuri nikmat yang telah diterimanya.
Read More

Tuesday, 26 June 2012

sebaik-baik sahabat dalam bergaul

"Demi sungguh, seandainya engkau bersahabat dengan orang bodoh yang tidak rela mengumbar nafsu ammarohnya itu lebih baik bagimu daripada engkau bersahabat dengan orang alim (pandai) yang rela mengumbar nafsu ammarohnya. Maka manakah ada ilmu bagi orang yang berilmu rela mengumbar nafsu ammarohnya? dan manakah kebodohan bagi orang yang bodoh yang ia tidak rela mengumbar nafsu ammarohnya?".

Dalam kehidupan bermasyarakat, seseorang tak akan terlepas dari pergaulan dengan sesamanya. Walaupun demikian, seseorang haruslah pandai memilih dan menentukan kawan dalam bergaul. Karena sesungguhnya pengaruh pergaulan itu amat besar bagi perkembangan jiwa seseorang. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, Rasulullah mengumpamakan sahabat yang baik itu seperti pembawa minyak wangi. Adakalanya kamu diberi dan ada ada kalanya pula kamu memberi. Dan yang pasti, kamu akan merasakan bau harum dari minyak wangi yang dibawanya. Sedangkan sahabat yang buruk diumpamakan sebagai peniup api. Kalau tidak terbakar pakaianmu, tentulah engkau akan mencium bau busuk darinya.

Perlu diketahui pula, bahwa bergaul dengan orang bodoh tetapi tidak suka mengumbar hawa nafsunya, adalah lebih baik dari pada bergaul dengan orang alim (berilmu) tetapi suka mengumbar hawa nafsunya. 
Dalam hal ini kita perlu memperhatikan kata-kata mutiara yang pernah diucapkan Kholifah Ali bin Abi Tholib sebagai berikut, sebagai pedoman dalam memilih sahabat  : 
"Jangan bersahabat, kecuali dengan orang yang taqwa, terdidik, terhormat, cerdik, cendikiawan, tepat dengan janji-janjinya. Teguhkan keyakinanmu kepada Allah dalam setiap persitiwa, niscaya Tuhan akan menolongmu disetiap saat, dari kejahatan dengki tukang hasut".

 
Read More

manusia hidup didunia tak akan lepas dari cobaan

"Janganlah kamu merasa heran seandainya terjadi kesulitan-kesulitan yang selama kamu hidup di dunia ini. Maka sesungguhnya dunia ini tidak diciptakan, melainkan telah menjadi hak atas sifatnya (yang penuh dengan cobaan) serta telah menjadi kepastian sifatnya".

Segala macam keadaan di dunia ini, baik yang berupa kebaikan maupun keburukan, adalah merupakan cobaan dari Allah. Bagi seseorang yang mendapatkan cobaan berupa kebaikan, maka ia dituntut untuk melaksanakan hak kebaikannya itu. Beigtu pula bagi mereka yang mendapatkan cobaan berupa keburukan maka ia dituntut untuk sabar dan tawakkal, sebagaimana yang diperintahkan Allah lewat Al-Qur'an Surat Az-Zumar ayat 10, yang artinya : 
"Bahwasannya hanyalah orang-orang yang sabar yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (hitungan)".

Demikianah, Allah telah menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang sabar. Dalam hal ini, kita patut pula memperhatikan dan merenungkan perkataan Khalifah Umar bin Khotob sebagai berikut ini : 
"Jika kamu bersabar, tetap berlalu ketentuan Allah dan kamu mendapatkan pahala. Dan jika kamu mengeluh, juga tetap berlalu ketentuan Allah dan kamu mendapatkan dosa (akibat ketidak kesabaranmu)".

Seringkali, ketidaksabaran manusia dalam menerima cobaan adalah ketika apa yang diharapkan dan diinginkan tidak terpenuhi. Dalam hal ini, kita perlu merenungkan kata-kata Abu Thurobi berikut ini agar kita tidak termasuk kedalam golongan orang yang suka mengeluh dan tidak sabar.
kata-kata tersebut adalah : 
"Wahai manusia, kalian mencintai tiga perkara, sedangkan tiga perkra itu bukanlah milik kalian, yakni : 
  1. Kalian mencintai jiwa, sedangkan jiwa itu milik hawa nafsunya
  2. Kalian mencintai ruh, sedangkan ruh itu milik Allah
  3. Kaian mencintai harta, sedangkan harta itu milik ahli waris
Dan kata-kata selanjutnya : 
"Ketahuilah bahwa kalian mencari dan membutuhkan dua perkara, sedangkan dua perkara itu tidaklah kalian temukan di dunia ini, melainkan kalian temukan di akhirat, yaitu kesenangan dan kebahagiaan yang bersifat abadi".

Karena itu jika seandainya kita mengharapkan atau menginginkan sesuatu, kemudian apa yang kita harapkan dan kita inginkan itu tidak terpenuhi, maka hendaklah kita bersabar. Karena hal ini mungkin belum menjadi milik kita.
Read More

Tuesday, 19 June 2012

obat praktis untuk penyakit gigi

Banyak orang tak dapat menahan rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit gigi. Kadng-kadang orang dewasa pun menangis, karena diserang penyakit gigi. Tetapi bila anda mendapat seranga penyakit ini, jangan segera menjadi panik dan menangis. Ambil saja beberapa lembar daun sirih, kemudian rebuslah daun sirih itu sampai mendidih, bubuhilah garam sedikit. Setelah panasnya berkurang menjadi hangat-hangat kuku, pakailah berkumur-kumur beberapa kali, terutama pada gigi yang sakit. Insya Allah, dalam waktu yang tak lama, rasa sakit itu akan hilang. Selain untuk mengobati gigi yang sakit, ramuan ini dapat juga menyembuhkan penyakit sariawan, kecuali itu bila anda menderita sakit excema, tempelilah dengan daun sirih yang dihangatkan di atas perapian, inilah khasiat daun sirih. 

Read More

Tuesday, 12 June 2012

Obat Luka Memar

Luka memar adalah luka yang membiru karena terpukul benda keras, terjepit pintu atau terjatuh. Apabila kita mengalami hal yang serupa, kompreslah dengan kelapa muda yang diparut dan dibubuhi cuka. Tempelkanlah pada luka tersebut kemudian dibalut, dan apabila kompresnya kering gantilah dengan yang baru. Selang beberapa lama jalan darahnya pulih kembali dan bekas lukanya tidak membiru lagi. 

Luka memar adalah luka yang membiru karena terpukul benda keras, terjepit pintu atau terjatuh, selain dengan cara pengobatan tradisional seperti di atas ada baiknya mencoba resep obat luka memar ala Bali yang di akibatkan oleh pukulan batu. Dan karena terjadinya perisiwa ini di daerah Bali, maka pengobatannya pun dengan cara Bali pula. Obat itu ialah gosokan kayu cendana di dalam sedikit air dan sedikit bawang merah yang telah di iris-iris lebih dahulu. Setelah gosokan kayu cendana itu benar-benar bercampur dengan air dan irisan bawang tersebut, maka akan tampaklah kecoklat-coklatan warna air tadi, kemudian ambilah kapas secukupnya, dan celupkanlah kedalam air, lalu tempelkanlah (kompreskanlah) kapas tersebut pada benjolan luka memar itu. Insya Allah dalam beberapa jam saja, benjolan itu akan menjadi kempes.
Read More

Thursday, 7 June 2012

obat batuk biasa

Penyakit batuk dapat menyebabkan tubuh sipenderita menjadi kurus. Pada malam hari batuk itu sering menjadi-jadi, sehingga penderitanya tak dapat tidur. Apabila keadaannya sudah demikian, membuat seisi rumah juga terganggu. Apabila anak andapun menderita penyakit yang demikan, obatilah dengan daunnya lidah buaya (diambil dagingnya) diiris halus kira-kira 40 gram, kemudian disiram dengan madu murni kira-kira 40 cc. Ramuan ini merupakan pudding yang enak dan dapat menambah kesehatan untuk leher, perut, usus dan mampu membasmi kuman-kuman. Ramuan ini diberikan 2 kali sehari selama kurang lebih 7 hari. Selain itu penderita harus memperhatikan petunjuk-petunjuk seperti di bawah ini : 
  1. Jangan terlalu banyak makan makanan yang serba manis
  2. Usahakan agar tidur dengan leluasa dan sebanyak-banyaknya
  3. Usahakan agar tidak memasukan jari ke dalam mulut, seperti kebiasaan anak-anak
  4. Jangan memakan makanan yang pedas-pedas
  5. Makanan setiap hari harus bergizi
Read More

Wednesday, 6 June 2012

obat koreng di kepala

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak, mulanya hanya merupakan bintik sebesar kedelai. Karena terus menerus digaruk, lama kelamaan timbulah koreng yang membesar selebar alas (tatakan) gelas. Rupanya menjijikan, berair, berlendir dan berbau anyir. Untuk mengobati penyakit demikian, ambilah kelapa yang sudah tua kira-kra separoh, lalu bakarlah sampai hangus seperti arang. Kemudian tumbuklah kelapa itu sampai halus seperti bubuk kopi, setelah halus, bubuhilah minyak kelapa 2 atau 3 sendok makan dan aduklah sampai merata seperti salep. 

Cara pengobatan : 
Untuk memudahkan pengobatannya, cukurlah rambut yang tumbuh di sekitar koreng itu. Kemudian cucilah koreng tersebut dengan pencuci koreng yang dijual di apotik atau dengan air hangat saja dan biarkan agar menjadi agak kering. Sesudah itu olesilah koreng itu dengan salep kelapa tersebut agar tidak mengotori bantal pada waktu tidur, baiknya kenakanlah kerudung di kepala. Ulangilah pengobatan itu dengan tekun sampai beberapa kali. Dalam waktu yang tidak teralu lama, koreng itu sudah mengering dan mengelupas. Dan pada bekas koreng itu tidak akan meninggalkan noda belang.
Read More

Sunday, 3 June 2012

cara mengatasi penyakit lumpuh

Penyakit lumpuh ada yang pembawaan sejak di dalam kandungan dan ada pula yang diakibatkan oleh penyakit lain, umpamanya penyakit panas, kemudian mendapat ijeksi dari dokter. Apabila salah seorang anak andapun mengalami keadaan semacam itu, ikutilah petunjuk-petunjuk sebagai berikut ini : 
  • Mandikanlah si penderita dengan air hangat pagi dan petang, dan urut-urutlah kaki yang lumpuh dari atas ke bawah secara perlahan-lahan.
  • Paramilah dengan jahe dan minyak tanah kaki yang lumpuh itu pada tiap pagi dan malam.
  • Pada setiap malam ketika anak itu sedang tidur, gosok-gosoklah kaki anak itu dengan telapak tangan ibu dan ayahnya, sehingga tangan si ibu atau si ayahnya terasa panas.
  • Pagi-pagi benar sebelum matahari terbit, dudukanlah anak yang lumpuh itu di atas rumput yang basah karena embun, sehingga merata ke seluruh kakinya yang lumpuh. 
  • Setiap hari latihlah anak itu untuk berjalan.
Perlu diterangkan di sini, bahwa panas yang diakibatkan oleh gosokan telapak tangan si ibu atau ayah pada kaki anak yang lumpuh akan lain dengan panas yang ditimbulkan oleh jahe dan minyak tanah. Panas yang demikian itulah yang diperlukan untuk penyembuhan. Selain itu masih perlu dirangsang dengan panas yang lain yakni mandi air hangat dan param. Lakukanlah dengan tekun, Insya Allah berkat ketekunan anda, anak anda akan sembuh dari penyakit lumpuh.
Read More

Saturday, 2 June 2012

Download Butiran Debu-Rumor

Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa untuk selamanya
Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa sepanjang usia

Hingga tiba saatnya aku pun melihat
Cintaku yang khianat, cintaku berkhianat

Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan luka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu butiran debu

Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa untuk selamanya
Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa sepanjang usia

Hingga tiba saatnya aku pun melihat
Cintaku yang khianat, cintaku berkhianat ooh

Menepi menepilah menjauh
Semua yang terjadi di antara kita ooh

Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan luka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu butiran debu

(aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan) dalam luka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu butiran debu, aku tanpamu butiran debu
Aku tanpamu butiran debu, aku tanpamu butiran debu

Download MP3
Read More