Wednesday, 8 February 2012

file sharing

file sharing adalah sebuah aktivitas untuk berbagai file untuk di download dengan pengguna komputer lainnya melalui jaringan internet atau jaringan lokal. Prinsip kerja dari file sharing biasanya menggunakan model distribusi peer-to peer (P2P) dimana prinsip kerjanya adalah aktivitas donwload file dilakukan secara langsung antara satu koputer dan komputer lain tanpa melibatkan komputer lain (server).

file sharing cukup fenomena dan merupakan salah satu jenis penemuan tool internet yang mendapat liputan media cukup lama dan cukup luas. Cerita Napster mungkin pernah anda dengar. Napster adalah program file sharing pertama yang menggunakan tekhnik P2P, digunakan secara masal dan dapat digunakan untuk bertukar file musik dan lagu (MP3), video, program dan lain-lain. Dalam prakteknya banyak pengguna saling bertukar file lagu secara ilegal, sehingga tindakan ini menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi industri musik. Tuntutan demi tuntutan pada akhirnya membuat Napster hilang dari peredaran.

Napster hilang dari peredaran (walau belakangan hadir kembali), tetapi keinginan pengguna internet akan program file sharing tidak dapat dibendung lagi. Lahir ratusan program file sharing yang siap menggantikan Napster. Program file sharing yang bermunculan dan men menawarkan teknik yang lebih muktahir dan lebih baik, seperti Youtube, 4shared, Imesh, BitTorrent, Azureus, Limewire, dan lain-lain.

0 comments

Post a Comment