Monday, 26 March 2012

Cara memilih busana yang tepat

Sudah berapa kali anda buka lemari pakaian anda sambil berkata "saya tidak punya baju"? Jika anda katakan kalimat itu sambil membuka lemari pakaian anda kali ini, benar-benar anda membutuhkan petunjuk penting. Kalau anda pergi berbelanja pakaian, penting sekali untuk memilih yang menunjang gaya hidup anda, pekerjaan anda, dan diri anda. Mungkin saja anda telah mengikuti kecenderungan mode dengan membeli segala sesuatu yang sedang in, atau apapun yang anda sukai. Tetapi anda harus mengingat keperluan anda. Sebagai ganti anda mengikuti mode, biarkanlah mode yang mengikuti anda. Tentukan kepribadian busana anda lebih dulu, sehingga anda dapat berbelanja hanya barang-barang yang benar-benar anda perlukan saja.

Pertama-tama tentukan kegiatan anda yanga mana yang paling banyak menurut waktu anda. Pelajari lebih dulu daftar kepribadian busana berikut ini. Pilihlah mana yang paling serasi untuk mengungkapkan citra diri anda. Sekali anda mampu menentukan kepribadian dan keperluan, berarti akan menjadi seorang wanita yang bijaksana dalam berbusana. 

Citra Karir 
Seorang wanita yang bekerja dalam suasana resmi, lazimnya di belakang meja sebagai seorang eksekutif, manajer atau petugas tata usaha ia harus selalu menampilkan "citra kantoran". Biasanya penampilan yang konservatif sesuai untuk citra seperti ini. Dandanan berlebihan, terlampau terbuka dan warna-warna tajam, tidak cocok sama sekali untuk penampilan ini. Jaket atau blazer merupakan keharusan bagi mereka yang sudah profesional. Dalam koleksi busananya, paling tidak terdapat sehelai setelan mantelpak yang baik mutunya, dengan detail yang tepat dalam hal jahitan, potongan, bahan, dan gaya. Jaket dapat dipadu dengan aneka rok, gaun dan blus. Dalam susana yang lebih santai (tidak resmi) jaket dapat dikenakan bersama celana panjang yang berpotongan baik. 


Citra Santai 
Wanita ini menghabiskan sebagian besar waktunya dalam rumah, dan ia tampil paling baik dalam paduan busana santai Ia tertarik pada rasa nyaman dan praktis, dan kurang tertarik pada garis-garis mode. Busananya sebagian besar terdiri atas gaun rumah, celana panjang, rok dan blus sehari-hari dari bahan yang kuat. Juga sepatu atau alas kaki yang nyaman dikenakan. 
Untuk kegiatan sosialnya, ia akan mengenakan blus dan rok dari bahan mirip sutera. Biasanya bahan polyster yang mudah dirawat. Jika bepergian malam hari, ia akan mengenakan gaun terusan dari bahan krep atau mirip sutera., dengan cukup asesori untuk membuat dandanannya lebih hidup.

Citra Malam
Wanita ini mungkin seorang istri yang mendampingi suaminya menjamu tamu pada malam hari. Boleh jadi ia jarang berhubungan dengan orang banyak dalam kehidupan sehari-harinya. Gaun malam dengan paduan lengkap merupakan pilihan utamanya. Sebagian besar isi lemari pakaiannya adalah gaun malam semacam itu. Dan gaun siang hari memperoleh prioritas kedua.
Untuk wanita seperti ini, sehelai gaun panjang dengan rok melebar akan sangat bermanfaat karena dapat dipadu dengan aneka pelengkap menjadi berbagai penampilan. Juga sehelai blus sutera dan celana panjang model mutakhir dalam warna dan bahan yang baik. Setelan kain kebaya dapat menggantikan gaun malam, bila si wanita merasa lebih sesuai dalam pakaian nasional. Kain yang sama akan tampak berbeda bila dipadu dengan kebaya yang berlainan. Ini memperkaya kemungkinan penampilan setelan busana nasional tadi. 

Asesori atau pelengkap merupakan keharusan dan harus dipilih secermat mungkin. Penampilan harus mencakup pula glamour,  bukan hanya sekedar keserasian paduan. Jepitan atau sirkam gemerlapan, tusuk konde keemasan, tas bahu ukuran kecil, gelang dan permata untuk hiasan dandanan rambut, lazim merupakan pilihan wanita dengan penampilan demikian. Untuk siang hari ia memilih rok dari bahan wol, blus kaos, celana panjang dari bahan coduroy dan blazer.

Citra Peragawati 
Pekerjaan menuntut kegiatan kreatif. Ia tidak terikat pada kaidah-kaidah cara berpakaian. Ia bebas untuk bereksperimen dengan aneka gaya dan kecenderungan mode untuk mengungkapkan kepribadian dirinya. Secara teratur ia mempelajari majalah-majalah mode dan akan mencoba model-model baru dengan penuh semanagat. Ia akan mencoba mengenakan celana dan aseosri model terbaru dengan segala senang hati dan penuh rasa bangaga. 
Nah, bagaimanakah citra busana anda?

1 comments

Dwi Sulistiyani 28 September 2016 at 01:02

Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

Post a Comment