Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Bangsa Dan Negara

Ada ungkapan sederhana namun sarat dengan makna, yaitu “maju mundurnya suatu bangsa sangat tergantung kepada tanggung jawab warga negaranya. Sebagai warga negara Indonesia tentu kita tidak ingin negara kita mengalami kemunduran apalagi kehancuran. Oleh karena itu, agar keadaan itu tidak terjadi maka hal penting yang harus diperhatikan secara konsisten dan konsekuen dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk-bentuk sikap dan perilaku warga negara yang mencerminkan perwujudan tanggung jawab terhadap negara dan bangsa, yaitu sebagai berikut :
  1. Memahami dan mengamalkan ideologi nasional kita, yakni Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam berbgai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.
  2. Menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, berperadaban, dan bermartabat.
  3. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif.
  4. Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia.
  5. Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara.

Share on Google Plus

About abah parakanca

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.