Friday, 9 March 2012

cara menggunakan ensiklopedia

Agar kita dapat mempergunakan ensiklopedia secara baik dan benar, pertama kali ingatlah kata pengantarnya, kita fahami isinya, pengantar tersebut disajikan pada bagian awal ensiklopedia, atau untuk ensiklopedia yang terdiri banyak jilid maka kata pengantar itu tersaji dalam jilid pertama yang bertanda huruf A. Saran ini semoga jangan ditinggalkan, sebaba melalui kata pengantar kita akan memperoleh bimbingan untuk menghindarkan kerancuan, kebingungan, memperkecil pemborosan waktu, fikiran dan tenaga dalam penelusuran. 
mempergunakan ensiklopedia dapat dilakukan lewat dua cara yaitu : 
a. Penelurusan langsung
b. Penelusuruan melalu bantuan indek 

a. Penelusuruan langsung 
Cara ini lajim dikerjakan.Seperti contoh, kita akan mencari tulisan dalam ensiklopedia yang membahas tentang apa dan siapa itu Einstein. Penelusuran dapat kita kerjakan dengan langsung membuka ensiklopedia dia yang pada punggungnya tertulis abjad E, kemudian kita telusuri sampai bertemu tajuk Einstein. Hal ini kita kerjakan dengan membuka satu demi satu, lembar demi lembar halaman ensiklopedia hingga tajuk yang kita cari diketemukan. Biasanya tajuk ditulis dengan jelas di bagian kiri atas halaman, ditulis dengan huruf kapital atau dicetak tebal. 

b. Penelusuran melalui bantuan indeks 
Cara ini merupakan cara yang sangat dianjurkan. Seperti telah dijelaskan terdahulu bahwa dua susunan penyajian ensiklopedia, susunan secara alpabetis dan susunan sitematis, kedua penyajian itu untuk terbitan ensiklopedia standar, akan selalu diimbuhi dengan susunan alfabetis kedua indeks. Indeks tersebut ada yang disajikan secara terpisah, misal untuk ensiklopedia yang terdiri dari 30 jilid maka indeks akan tersaji pada jilid yang terakhir dari keseluruhan terbitan itu. Selain itu ada indeks yang disajikan pada setiap akhir suatu jilid. 
Gunakanlah fasilitas indeks tersebut, sebab sarana ini akan memberikan penunjukan secara lebih menyeluruh dan lebih cepat mengenai topik atau bahasan yang akan kita cari.

0 comments

Post a Comment