Rabu, 02 Mei 2012

Cara Mendinginkan Processor

TTips Ringan Cara Mendinginkan Prosesor (Processor) imageOtak jika dipaksa kerja terus panas juga. Menghitung, menghafal, memaksa melupakan, mengingat, menyimpan, memproses informasi dapat semakin memanaskan otak. Apalagi ditambah disuruh mikir hutang ups hehe just kidding :-) semoga pengunjung tips-komputer.com lunas semua cicilannya xixi (ngarep.com alias pengalaman hehe)
Otak pada komputer terletak di prosesornya. Jika prosesor tidak dijaga dari panas berlebih sangat membahayakan karena dapat merusak perangkat prosesor itu sendiri sehingga pekerjaan kita terhambat. Komputer dapet secara tiba-tiba restart sendiri dan bahkan hang seketika.
Inilah tips ringan cara mendinginkan prosesor yang kepanasan

1. Gunakan thermal paste yang berkualitas
Thermal paste adalah media penyalur kelebihan panas dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor sehingga dapat meningkatkan efektifitas penurunan suhu prosesor dan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya percikan api dan panas yang overload sebagai efek dari gesekan badan prosesor dan heatsink secara langsung. Thermal paste yang kurang berkualitas tidak akan memiliki fungsi maksimal.

2. Posisi casing di tempat yang pas
Tempat posisi casing di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan menempatkan casing di tempat yang tertutup karena tidak dapat membuang panas dari dalam casing sehingga panas menumpuk salah satunya di badan prosesor.

3. Tata kerapian kabel dalam casing
Tatalah kerapian kabel dalam casing komputer jangan sampai kabel-kabel tersebut semrawut atau bahkan mengenai baling-baling fan prosesor. Cek dan periksalah dengan baik. Tempatkan kabel-kabel serapi mungkin.

4. ote-ote (Buka-bukaan saja casingnya)
Heheh ote-ote, bahasa surabaya ini artinya buka-bukaan saja, alias lepas saja penutup casing komputer Anda. Dengan begitu panas akan mudah dibuang dari dalam casing :-)

5. Beri tambahan fan pembuang udara
Beli tambahan fan yang menyedot udara panas dari dalam casing untuk keluar. Fan ini murah, di beberapa toko di surabaya dijual antara 10-20 ribu. Letakkan posisi fan secara terbalik, atau menyedot udara keluar.

(sumber)

0 komentar

Poskan Komentar