Selasa, 10 April 2012

cara hidup yang teratur

Saat ini, cara hidup yang teratur semakin dibutuhkan. Tekanan kehidupan, persaingan, kehidupan kota besar, membuat seseorang melupakan keteraturan hidup. Dengan ketidakteraturan hidup, tingkat kebugaran dn kesehatan tubuh menjadi menurun. Daya tahan tubuh menjadi berkurang, sakit menjadi jawaban bagi seseorang yang tidak teratur pola hidupnya.

Orang berlomba memperbaiki cara hidupnya. Sebutannya adalah pola hidup sehat yang termasuk dalam pola hidup sehat antara lain : makan teratur, tidak makan sembarang waktu hingga mengganggu pencernaan, bekerja sesuai dengan kapasitas kemampuan tubuh, istirahat atau tidur yang cukup untuk penyegaran.

Semua orang perlu makan, namun tidak semua dapat memenuhi kandungan gizi termasuk vitamin yang dibutuhkan tubuh, akibatnnya mudah terserang penyakit. Pola makan yang tidak sehat seperti makan makanan jajanan, makanan siap saji, membuat asupan gizi dan vitamin kurang terpenuhi. Remaja yang tida memperoleh cukup gizi yang biasa didapatkan dari buah-buahan dan ikan lebih rentan terhadap kondisi paru-paru di bawah normal seperti sakit asma, batuk, dan sesak napas. Remaja yang mengkonsumsi vitamin C dari buah-buahan memiliki tingkat penyakit paru-paru yang rendah, dan remaja yang kurang mengkonsumsi vitamin E yang terdapat dalam minyak nabati, kacang-kacangan dan sebgainya, lebih mudah terserang asma. 

Tidur merupkan waktu pengistirahatan bagi otot-otot tubuh, istriahat bukan hanya mengurangi aktivitas otot-otot, melainkan juga meringankan keadaan rohani dan ketegangan urat syaraf. Tidur menjadi salah satu cara efektif untuk mendekatkan istirahat. Bila kurang tidur, tubuh akan terganggu,. Hanya sedikit orang yang dapat hidup dengan tidur yang kurang. Kurang tidur umumnya terlihat dari kelopak mata sayu, pucat, muka muram, badan lemah, kurang bergairah bekerja, malas, dan kelelahan. Maka dari itu, tidur yang cukup dan waktu tidur yang teratur memubuat kebugaran tubuh dan daya tahan tubuh terhadap penyakit akan terjaga dengan baik. Satu lagi, jangan sampai tidurpun berlebihan melebihi kebutuhan karena menjadi satu sebab kemalasan. 

Satu hal yang tidak kalah penting adalah berekreasi ata hiburan. Rekreasi atau hiburan bukan hanya penting bagi tubuh tetapi juga bagi kesehatan jiwa. Rekreasi dan hiburan tidak selalu merupakan hala yang mahal. Seseorang mendapatkan rekreasi dan hiburan dengan mendalami kegemaran, melihat hal yang indah, atau bercanda dan berkumpul bersama keluarga.

0 komentar

Poskan Komentar