Monday, 2 April 2012

mengatasi gigitan binatang

Gigitan binatang dan manusia
Cucilah luka baik-baik dengan sabun dan air, keringkan pelan-pelan dan pakailah antiseptik. Tutup luka dengan kasa yang bersih, kemudian carilah pertolongan medis jika diperlukan jahitan. Suntikan tetanus mungkin diperlukan.

Sengatan kumbang dan tawon
Untuk menghilangkan sengatan, doronglah ke pinggir dengan kuku jari, jepitan alis, atau dengan ujung jarum steril, karena biasanya ada duri pada ujungnya. Jangan menekan kantung racun yang masih terikat pada sengatan. Gunakan kompres dingin, tablet anti alergi dan krim kortison (jika ada dan memang diperlukan). Jika tidak ada satupun tersedia, gosokan permukaan irisan bawang merah segar pada bekas sengatan. Jika sengatan ada dalam mulut, bilaslah dengan larutan pencuci mulut yang terbuat dari 1 sendok teh sodium bicarbonat dalam segelas air dingin.

Gigitan lintah 
Pakailah korek api, spirtus, tembakau atau garam untuk melepaskan gigitan lintah. Lukanya tidak parah tetapi pendarahan mudah terjadi. Gunakan lotion antiseptik dan kompres dingin serta tekanan yang kuat untuk mengontrol perdarahan.

Gigitan nyamuk atau semut
kompres dingin dapat menghilangkan gatal dan mengurangi pembengkakan. Gunakan calamine lotion atau larutan alkali yang terbuat dari ammonia atau sodium bicarbonat

Gigitan kalajengking
Sengatannya sakit teapi jarang menyebabkan fatal. Gunakan es, kompres es, tablet allergi atau krim ati radang. Hilangkan rasa sakit dengan aspirin atau parasetamol.

Gigitan semacam kutu kulit
jangan mencoba untuk menghilangkan kutu dengan segera, karena hal ini dapat membuat racun merseap lebih dalam ke jaringan. Gunakan minyak tanah, terpentin atau spiritus untuk membunuh kutu, kemudian hapuslah beberapa menit kemudian dengan tang, jepitlah kutu sedekat mungkin pada kepalanya.

Gigitan ular
tanda-tanda muncul 15 menit sampai 2 jam setelah gigitan. Hal ini termasuk mengantuk, berkeringat, pingsan, mual atau muntah, sakit kepala, sakit pada anggota tubuh atau perut, coma atau kehilangan kesadaran. Bisa terjadi satu atau beberapa luka lubang gigitan atau hanya terpotong sedikit, baringkan korban, segera pasang perban pembatas yang kencang dan penahan dengan mempergunakan sepotong kayu atau karton yang tergulung, bawalah korban ke rumah sakit terdekat, jangan mencuci gigian, menghisp racun atau membiarkan pasien  bergerak. Jika kejadian jauh di hutan belukar, sebaiknya gunakan pembalut, dan carilah pertolongan. Jika korban harus berjalan, absorpsi racun dapat semakin cepat.

1 comments

Muhammad Rifqi Saifudin 12 December 2014 at 03:07

Wah, pas banget nih, aku habis disengat kumbang, bisa dicoba tipsnya :)

Post a Comment