Sunday, 1 April 2012

siapkah anda menjadi orang tua

Pada saat bayi diserahkan ke tangan anda oleh dokter atau perawat, tak pelak lagi timbullah suatu perasaan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Ini merupakan reaksi yang wajar. Anda menyadari sepenuhnya, bahwa mulai saat itu pembentukan mahluk kecil tersebut berada di dalam tangan anda. Anda lah satu-satunya orang yang amat dibutuhkannya. Karena itu nikmatilah tugas anda sebagai orang tua. Berikan secara wajar apa yang diminta dan dibutuhkan bayi. Hanya dengan cara inilah bayi tumbuh menjadi anak yang merasa aman, sebagai remaja yang tidak mudah panik, dan menjadi orang dewasa yang mantap. Tumbuhlah bersama si kecil, langkah demi langkah.

Jikalau ada kalanya anda ragu, apakah membesarkan anak dengan cara seperti itu akan membuahkan keberhasilan, anda perlu menengok masa lalu, masa kanak-kanak anda sendiri. Sebenarnya apa yang dibutuhkan seorang anak hanyalah kepuasan memperoleh dan menikmati apa yang disodorkan oleh orang tua. Jadi lakukanlah segala sesuatunya sesuai dengan kemampuan anda, selaras pula dengan kebutuhan anak. 
Untuk ini ada seninya tersendiri. Anda tak perlu 100% mencurahkan perhatian, kadangkala anda boleh berhenti sebentar, bukankah anak-anak juga memiliki tubuh, pikiran dan jiwa sendiri? supaya ia bahagia dan sehat, ia harus berlatih dirinya sendiri secara menyeluruh, dari segi fisik, mental, emosi serta kejiwaan. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda tak perlu cemas bertindak karena anda tak akan pernah salah. Itulah sebabnya maka sangat disarankan agar orang tua tidak hanya memperhatikan kebutuhan badaniah anak belaka. 

Masa menjadi orang tua dan masa kanak-kanak baru dapat dinikmati bila anda sadar bahwa anak membutuhkan waktu untuk tumbuh. Dan proses pertumbuhan ini tidak dapat dipercepat begitu saja tanpa effek sampingan.

0 comments

Post a Comment