Jumat, 06 April 2012

program aplikasi internet

Internet sebuah jaringan komputer, namun diperlukan beragam program-program aplikasi agar penggunaan Internet dapat tepat guna. Tersedia banyak tipe program-program aplikasi yang kian hari kian banyak dan variatif jumahnya. Berikut beberapa program aplikasi Internet populer berdasarkan kategori dan fungsinya. 

Web Browser 
Web Browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman World Wide Web (WWW) Web Borwser saat ini kemampuannya sudah demikian canggih dan aplikasi penggunaannya juga bertambah luas. Penggunaan web browser saat ini tidak hanya sebatas menampilkan sebuah alamat URL (situs) saja, namun juga dapat digunakan sebagai webmail, chatting, blog, main games, dan lain-lain.

E-Mail Client 
E-Mail client adalah sebuah program yang digunakan untuk membaca dan mengiim e-mail. Ciri khusus dari E-mail client adalah kita dapat mendownload pesan terlebih dahulu ke dalam komputer kita, memutuskan koneksi Internet dan baru kemudian membaca pesan secara offline (koneksi Internet tidak tersambung), hal ini berbeda apabila kita menggunakan webmail yang mengharuskan kita memiliki koneksi Internet secara terus menerus.

Internet Relay Chat (IRC) 
IRC adalah salah satu jenis program chat yang paling tua, untuk dapat melakukan komunikasi chat menggunakan IRC, seseorang harus menggunakan program seperti mIRC, atau masuk ke sebuah web yang memiliki fitur java. Di dalam IRC seseorang melakukan chat di dalam channel yang terdapat di dalam server tersebut. 

Instant Messenger 
Instan Messenger adalah sebuah program komunikasi secara cepat dan langsung oleh dua orang atau lebih dalam jaringan Internet. Program Instant Messenger belakangan ini amat marak dan mengalami kemajuan yang pesat. Komunikasi yang dapat dilakukan menggunakan program Instant Messenger tidak saja sebatas teks, namun juga sudah dapat menggunakan suara dan bahkan video. 

P2P
P2P adalah kependekan dari peer to peer. Prinsip kerja dari P2P adalah membuat koneksi secara langsung antara satu komputer dengan komputer lain tanpa melibatkan server tertentu. Program P2P berguna untuk tujuan file sharing seperti file MP3, video, gambar, dan lain-lain. Program P2P pertama adalah Napster yang kasusnya cukup heboh dan mendapat tantangan hebat dari kalangan industri musik perihal pelanggaran hak cipta lagu. Saat ini ada banyak program sejenis P2P yang menawarkan beragam kemampuan untuk melakukan fungsi file sharing. 

Download Manager 
Download manager adalah sebuah program yang khusus dirancang untuk mendownload file dari Internet. Menggunakan program download manager untuk melakukan download file sangat nyaman, seperti dapat memantau proses download secara rapi, dapat mendownload file lebih cepat karena umumnya program download manager memiliki kemampuan mencari site mirror otomatis, dan terakhir kita dapat melanjutkan download file apabila terhenti di tengah jalan tanpa memulai dari nol lagi. 

Internet TV dan Radio
Menyaksikan siaran televisi dan radio dewasa ini dapat kita lakukan via Internet. Internet memiliki jangkauan yang amat luas dibandingkan penyiaran konvensional. Siaran televisi dan radio di banyak negara dapat kita tonton dan dengar secara langsung dengan hanya memilih dari daftar channel yang ada. Perlu diperhatikan untuk dapat menonton siaran TV secara baik, maka diperlukan konksi Internet yang cepat.

0 komentar

Poskan Komentar