Kamis, 08 Maret 2012

gangguan pada pemasak kopi (coffe maker)

Memang praktis mengidangkan kopi dengan alat ini. Gangguan justru datang dari air.
Air terus mendidih 
Biasanya air baru memberi bunyi mendidih pada akhir waktu pembuatan. Kalau setelah dipasang langsung berbunyi mendidih, berarti sebagian saluran tersumbat. Hal ini disebabkan karena airnya terlalu "keras" (kadar kapurnya terlalu tinggi). Maka hendaknya dibersihkan menurut cara berikut : 
  • Isilah alat pemasak kopi bukan dengan air, tapi dengan cuka, masukan saringan kertas pada tempat saringan, kemudian tempatkan teko pada lempeng penahan panas. Dengan cara itu cuka tersaring untuk pembersihan kedua. Biarkan cuka menjadi dingin dulu selama setengah jam, paling sedikit isilah alat pemasak kopi dua kali dengan air bersih untuk menghilangkan rasa masam dan sisa-sisa kapur. 
  • Kalau alat itu hampir tidak berjalan, maka sudah terlalu banyak endapan kapurnya, kalau bisa, sekrupkan dasar alat itu, ambilah tutup ruang pegendap kapur dan bersihkan.
Kopinya tidak cukup hangat 
suhu kopi tuangan sekitar 80 derajat celcius, periksalah dulu dengan termometer yang sampai 100 derajat celcius, apakah suhunya memang terlalu rendah, sebelum alat itu dibawa ke reparasi, sering hal itu disebabkan oleh susu dingin dari lemari es.

Perawatan 
  • Teko dan saringan bisa dicuci seperti biasa, alatnya tidak boleh sama sekali dicelup dalam air, sebelum dibersihkan, cabutlah steker dari stopkontak, dan bersihkan bagian luar dengan lap yang lembab
  • Kalau pemasak kopi beberapa hari atau lebih tidak dipakai (pada akhir minggu atau liburan) simpanlah dengan wadah airnya terisi penuh

0 komentar

Poskan Komentar