Sunday, 25 March 2012

tips belanja sepatu

Saat ini sepatu sudah merupakan kebutuhan yang sama kedudukanya dengan pakaian. Semua orang mulai dari bayi sampai orang tua memerlukan sepatu. Di pasaran kita kenal sepatu dengan berbagai model dan harga yang bervariasi. Perbedaan harga umumnya disebabkan perbedaan bahan dasar dari sepatu tersebut.
Sepatu dapat terbuat dari berbagai macam bahan antara lain :
-   Kulit binatang seperti kulit lembu, kulit kerbau, kulit kambing, kulit ular, kulit kelinci dan lain.lain
-   Karet
-   Kain/kanvas
-   Plastik
Sepatu yang dibuat dari bahan kulit biasanya harganya lebih mahal daripada bahan baku lainnya, karena sepatu dari bahan ini lebih kuat dan awet. Dalam membeli sepatu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :
1.     Untuk anak-anak pilihlah sepatu yang tidak terlalu sempit. Sepatu sempit dapat mempengaruhi atau menekan pertumbuhan kaki anak, selain itu janganlah yang betumit tinggi, pilihlah yang bertumit rata karena dapat menjaga keseimbagan tubuh pemakai demikian juga untuk orang tua.
Sedangkan mereka yang remaja atau dewasa dapat memilih sepatu yang bertumit tinggi ataupun rata hanya saja hendaknya disesuaikan dengan kesempatan memakainya. Untuk keperluan kantor atau kerja yang banyak berjalan tumit yang terlalu tinggi akan cepat melelahkan, tetapi untuk kepentingan pesta perlu memberi kesan lain dengan bertumit tinggi.
2.   Walaupun model pelu diperhitungkan dalam memilih sepatu, tetapi apabila model tersebut tidak memberikan kenyamanan sewaktu dipakai, maka sebaiknya jangan dipilih, karena nantinya dapat mengakibatkan kita justru tidak dapat beraksi dengan model tersebut, sebab harus menahan sakit.
3.     Pilihlah sepatu dari bahan.material yang baik apabila uang kita mencukupi. Sepatu yang baik adalah yang terbuat dari kulit tetapi karena kulitpun bermacam-macam asal dan pengolahannya maka perlu diperhatikan kulit tersebut harus lembut tidak keras, tidak berbau merangsang.
4.     Pilihlah sepatu yang mudah memeliharanya tanpa banyak memberikan perubahan dalam pemeliharaan tersebut.
5.     Perhatikan mutu jahitan, perekatan, kerapihan sambungan dan lain-lain, karena faktor ini juga sangat menentukan mutu atau kekuatan sepatu.

0 comments

Post a Comment