Friday, 23 March 2012

memilih tirai

Sekarang ini toko-toko penjual kain tirai saling berlomba-lomba memberikan pelayanan. Beli bahan di situ, dapat sekalian dijahitkan di situ pula. Tinggal anda memberikan ukuran jendela, semuanya beres. Dalam waktu 3 x 24 jam, tirai baru akan terpasang. Memang ongkos menjahit tirai tidak mahal per meternya. Tapi per meter ada dulu?. Bila hanya ongkos per meter kali lebar jendela, ini tidak berarti. Namun toko kain tirai menghitung sekian rupiah kali sekian meter bahan yang dibutuhkan. Anda bisa termangu-mangu mendengar berapa biaya seluruhnya. Dan kadang-kadang maksud anda mengganti tirai menjadi gagal.

Dengan sedikit modal keterampilan menjahit, waktu serta niat yang gigih, menjahit tirai sendiri tidaklah terlampau sulit. Bagi mereka yang baru pertama kali mencoba, pilihlah model tirai yang sederhana dulu, tanpa ploi dan kerut-kerut yang rumit. Bisa terjadi, karena anda belum berpengalaman, hasilnya kurang memuaskan. Mungkin kelimnya kurang rata atau terlalu pendek dua sentimeter dan sebagainya. Namun, setelah jerih payah ini terpasang ditempatnya, pasti anda lebih cenderung merasa bangga daripada memikirkan kekurangan-kekurangan tadi. Dan setelah tirai pertama ini, mengapa tidak membuatnya lagi dengan sedikit variasi.

Untuk tirai, seperti halnya dengan baju, tak ada batasan dalam penggunaan jenis bahan, pilihan tergantung dari selera dan keuanagan anda saja. Tirai dapat terbuat dari katun berkembang, kain Paris yang polos, beledu, organdi, terilen, tule, bordir Inggris bahkan juga kain rajutan.
Mungkin tidak anda sadari, tetapi tirai ikut memberikan aksen dalam ruangan. Karena itu pilihlah tirai yang sesuai dengan keadaan ruangan dan dominasi warna yang terdapat dalam ruangan itu. Tirai yang berwarna-warni dan motifnya menyolok tidak sesuai bagi ruangan yang terlampau besar, dan perabotan di situ sudah memberikan kesan penuh.

Tetapi ruang yang luas dan tidak banyak perabotannya akan tampak hangat bila tirainya berwarna keras. Dalam psosisi tertutup, tirai berfungsi pula sebagai dekor ruangan.
Haruskah anda menggunakan dua macam tirai sekaligus? Vitrase (tirai tipis) atau tirai tebal? Sebaiknya anda pertimbangkan dulu apakah benar-benar anda memerlukan keduanya.
Ruang yang menghadap ke jalan, memang membutuhkan keduanya. Pada siang hari vitrase secara samar-samar menghalangi pemandangan isi rumah dari luar. Tetapi malam hari ketika semua lampu dalam rumah terpasang, demi keamanan dan kesopanan, tirai tebal perlu digunakan.

Untuk ruang yang menghadap kebun dalam rumah, tak ada salahnya anda memilih salah satu saja, vitrase atau tirai tebal. Sayang sekali bila pemandangan kebun yang indah harus terhalangi oleh tirai tebal. Ruang tidur, meskipun tak menghadap jalan raya, sebaiknya mempergunakan kedua macam tirai ini supaya terasa privacy (keleluasaan pribadi).

0 comments

Post a Comment