Thursday, 8 March 2012

Jangan mudah terpengaruh oleh iklan

iklan, bagi pengusaha adalah media promosi untuk memperkenalkan dan selanjutnya untuk meningkatkan penjualan barangnya. Sedangkan bagi konsumen, iklanpun merupakan hal yang penting yaitu sebagai sumber informasi mengenai sesuatu barang, dengan catatan sejauh iklan tersebut sehat dan benar. 

sayang sekali dewasa ini bila diperhatikan banyak sekali iklan yang tidak sehat, tidak memberikan informasi yang benar dan hanya mendorong konsumen untuk membeli, sebagai contoh, iklan alat peninggi badan, kalau umur sudah 30 tahun, biar dengan alat apapun tidak akan bertambah tinggi karena masa pertumbuhan tinggi telah berakhir. Dalam kondisi iklan masih demikian, diperlukan kewaspadaan konsumen. Janganlah mudah terayu atau terpengaruh oleh iklan dalam menentukan barang yang akan kiat beli. Contoh lain adalah iklan suatu produk susu yang menyatakan bahwa anaknya nilainya bagus sekali karena waktu kecil diberi susu produk tersebut. Iklan-iklan semacam ini sangat naif tanpa belajar diberi susu merk apapun tentunya anak tidak akan memperoleh nilai yang bagus. Dan masih banyak lagi contoh-contoh iklan sejenis.

Oleh sebab itu apabila kita akan membeli sesuatu barang jangan hanya didasarkan iklan semata. Yang penting adalah pertimbangan logis dari diri sendiri atau pengalaman-pengalaman lain perlu diperhitungkan. Apabila kalau sebenarnya kita tidak memerlukan sesuatu barang tetapi kita lakukan pembelian tersebut karena tertarik atau terpengaruh oleh kehebatan yang disampaikan oleh iklannya. Dan ternyata hanya kekecewaan dikemudiannya setelah barang kita pakai tidak mempunyai kehebatan seperti pesan iklan. Tindakan-tindakan pembelian ini merupakan kesalahan.

0 comments

Post a Comment